Tahukah Anda? (3)

1. Daun Jati Belanda sangat efektif untuk menurunkan kelebihan berat badan
Beberapa penelitian telah dilakukan terhadap daun Jati Belanda atau yang bernama latin Guazumae follium.  Pada tahun 1987, Lies Andarini (Biologi UNAIR) mengungkapkan khasiat daun Jati Belanda yang dapat dapat menurunkan berat badan dan menurunkan selera makan yang berpengaruh pada jumlah asupan makanan yang dimakan. 
Ternyata, daun Jati Belanda mengandung zat lendir yang merupakan serat (fiber) bersifat lubricating atau melicinkan sehingga dapat menghambat penyerapan lemak, glucose, kolesterol yang terdapat dalam makanan dan memperlancar buang air besar. Selain itu, kandungan tannin-nya bekerja sebagai astringent, zat yang akan mengendapkan protein yang terdapat pada mukus yang melapisi bagian dalam usus sehingga lapisan ini sukar ditembus dan akan mengurangi penyerapan lemak.
Untuk khasiat daun Jati Belanda sebagai pelangsing, GuazSlim mempermudah racikan paduan herba daun Jati Belanda bersama daun teh (Camellia sinensis follium), daun kemuning (Murrayae follium), rimpang bangle (Zingiberis purpurei rhizoma), dan delima (Granati cortex).
2. Sholat Tahajjud atau Qiyamul Lail dapat mencegah datangnya penyakit
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sholat tahajjud atau qiyamul lail dapat membebaskan seseorang dari berbagai penyakit. Mohammad Sholeh, dosen fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, melakukan penelitian terhadap siswa SMU Lukmanul Hakim Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya yang secara rutin menunaikkan sholat tahajjud.
Dalam disertasinya yang berjudul “Pengaruh Sholat Tahajjjud terhadap Pengingkatan Perubahan Respon Ketahanan Tubuh Imunologik”, Sholeh mengungkapkan sholat tahajjud yang dilakukan di penghujung malam yang sunyi dapat mendatangkan ketenangan. Sementara, ketenangan itu sendiri ternyata mampu meningkatkan ketahanan tubuh imunologik, mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan meningkatkan usia harapan hidup. Sebaliknya, bentuk-bentuk tekanan mental sepert stress maupun depresi membuat seseorang rentan terhadap berbagai macam penyakit, infeksi dan mempercepat perkembangan sel kanker serta meningkatkan metastatis (penyebaran sel kanker).
Namun, perlu dicatat bahwa tekanan mental dan stress dapat dikelola. Pengelolaan itu bisa dilakukan dengan cara relaksasi atau perenungan / tafakur. Dalam sholat tahajjud mengandung aspek meditasi dan relaksasi sehingga dapat digunakan sebagai pereda stress yang akan meningkatkan ketahanan tubuh seseorang secara natural.
Prof. Dr. Andry dari Paris menyebutkan pula bahwa gerakan-gerakan dalam shalat akan menurunkan dan mengurangi penyakit kegemukan, rematik, diabetes, batu empedu, sembelit dan sebagainya. Sedangkan Prof. Dr. Kohlrasch dan Prof. Dr. Leube menyebutkan bahwa gerakan shalat dapat mengurangi dan mencegah penyakit jantung, paru-paru , penyakit perut sembelit, penyakit empedu, asma, kegemukan, diabetes dan rematik.
3. Sarapan pisang dan madu di pagi hari dapat membantu memperbaiki tingkat keasaman darah
Tingkat keasaman atau pH darah yang baik ialah sekitar 7,35. Sehingga, seharusnya kondisi tubuh kita adalah sedikit basa. Ternyata 80% manusia mengalami kelebihan asam dalam tubuh. Ciri-cirinya ialah kelebihan berat badan (obesitas); menderita rematik, asam urat, gula, kanker, atau jantung; mudah terkena infeksi virus dan bakteri, seperti flu dan radang tenggorokan; mengalami masalah pencernaan berupa sakit maag, sembelit, dan wasir; serta mudah lelah, ngantuk dan kehabisan tenaga.
Berdasarkan tabel asam-basa makanan, buah pisang dan madu asli memiliki kandungan basa yang relatif rendah. Dengan mengkonsumsi pisang dan madu di pagi hari, dapat mengkondisikan tubuh kita agar bersifat sedikit basa.  Konsumsi buah pisang dan madu asli secara teratur sebagai menu sehat diyakini dapat membantu mencegah datangnya penyakit-penyakit seperti flu, batuk, sakit maag, sembelit, wasir, asam urat, encok, hingga jantung dan kanker.
4. Habbatussauda dapat mengatasi berbagai penyakit saluran pernafasan
Habbatussauda (Nigella Sativa) mengandung Crystalline Nigellone, zat yg berfungsi sebagai antihistamin yang menekan penyebab Asma-bronchitis dan mengobati alergi. Oleh karena itu, khasiat Habbatussauda softgel sangat kuat untuk Alergi, Bronchitis dan semua penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA). Habbatussauda softgel sangat baik untuk membantu kesembuhan ISPA, Alergi, TBC, Bronchitis dan juga Flek paru-paru.
Dengan mengkonsumsi rutin Habbatussauda softgel, insyaALLAH dapat menyembuhkan berbagai penyakita saluran pernafasan. Selain itu, konsumsi Habbatussauda setelah sembuh pun dianjurkan untuk memelihara kesehatan dan mencegah datangnya penyakit.
Habbatussauda memang memiliki manfaat yang sangat banya seperti diungkapkan oleh Rosululloh SAAW dalam hadits: "Gunakanlah Habbatussauda karena di dalamnya terdapat obat untuk segal macam penyakit kecuali kematian" (HR. Bukhari-Muslim)
5. Minyak Zaitun memiliki khasiat untuk kecantikan kulit
Dalam hadits Rosululloh SAAW diungkapkan: ‘Dan dari ‘Umar, Beliau berkata bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Berobatlah dengan minyak zaitun dan minyakilah dengannya, karena ia berasal dari pohon yang penuh barakah” (HR. Ibnu Majah)’.
Ternyata selain untuk kesehatan, penyembuhan, dan pencegahan penyakit, Minyak Zaitun juga berkhasiat untuk kecantikan kulit. Sebuah studi yang dipublikasikan pada bulan Agustus tahun 2000 menyebutkan bahwa menggunakan minyak zaitun setelah renang sebagai krim kulit dan berjemur, akan melindungi terjadinya kanker kulit atau yang disebut melanoma. Selain itu, para pakar kecantikan juga sepakat bahwa minyak zaitun memiliki manfaat untuk kecantikan. Vitamin E yang terkandung dalamnya dikatakan dapat meremajakan, menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit.
Biasanya minyak zaitun diformulasikan bersama susu kambing murni sebagai sabun kecantikan kulit yang alami seperti yang dipraktikkan oleh Ratu Cleopatra di zaman Mesir kuno dahulu. Sabun Susu Minyak Zaitun memang bermanfaat untuk mengembalikan kelembapan kulit yang kering karena dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit yang mati dan kulit bersisik. Sifat lembapnya juga dapat membantu melembutkan tekstur kulit.
Wallohu a’lam.
Bersambung….
Dari Asamah ibn Syarik berkata: Orang-orang Arab berkata " Ya Rasulallah! apakah kami perlu berobat?" Beliau menjawab, "Ya, wahai hamba-hamba Allah. Sesungguhnya Allah meletakkan penyakit dan diletakkan pula penyembuhannya, kecuali satu penyakit. Mereka lantas bertanya "Penyakit apa ya Rasulallah? Beliau menjawab: "penyakit ketuaan (pikun)". (HR. At-Tirmidzi)
"Lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, anggur dan sayur-sayuran, zaitun dan kurma, kebun-kebun (yang) lebat, dan buah-buahan serta rumput-rumputan, untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu". (QS.’Abasa [80]: 27 - 32)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar