Kulit Sehat secara Alami

Tampil cantik, tampan, dan menarik merupakan hal yang fitrah bagi pria maupun wanita. Perawatan kulit pun menjadi salah satu yang utama, dengan tujuan kulit kita terjaga dengan baik dari berbagai gangguan.

Sebagai pembalut tubuh, kulit paling sering menimbulkan masalah, terutama bagi wanita. Kering, kusam, kasar, berminyak, berjerawat adalah hal—hal yang sangat mempengaruhi kepercayaan diri. Namun, kulit juga dapat menjadi modal berharga dalam berpenampilan. Seseorang yang memiliki kulit bersih dan sehat, setiap saat akan merasa cantik dan seksi. Kulit yang bersih dan sehat memang sangat berharga, mengalahkan teknik riasan sebagus apa pun.
Lalu, bagaimana caranya untuk mendapatkan kulit yang bersih dan sehat?
1. KENALILAH TIPE KULIT
Mulailah dari pori-pori. Pori-pori yang besar dan kasar identik dengan kulit normal atau beminyak. Komedo dan jerawat lebih mudah timbul pada kulit yang berpori-pori besar. Pori-pori merupakan muara tempat tumbuhnya rambut. Di atas akar rambut dan di bawah kulit, terdapat kelenjar sebasea yang menghasilkan sebum. Sebum lebih banyak dihasilkan pada kulit berminyak sehingga sering menyumbat muara sehingga pori-pori tampak besar dan menghasilkan komedo.  Selain komedo, jerawat adalah masalah umum yang dialami pemilik kulit berminyak akibat mudahnya kotoran menempel dan memicu bakteri penyebab jerawat.
Perawatan kulit berminyak tergolong mudah. Akan tetapi, jangan tergoda untuk menghilangkan minyak di wajah dengan segala produk yang mengandung alkohol.
Jenis kulit lain ialah kulit kering. Jenis ini harus mewaspadai penuaan dini. Kulit kering sangat mudah berkerut dan cenderung berubah kusam. Bahkan, para ahli kecantikan sepakat kulit kering merupakan tipe kulit yang relatif sulit untuk dirawat. Lingkungan ber-AC dan polusi udara adalah beberapa factor yang bisa membuat kulit kusam dan kering.
Mulailah menggunakan produk perawatan anti-aging, segera setelah tanda-tanda penuaan muncul. Hal ini kerap terjadi lebih cepat untuk jenis kulit kering, terutama di area sekitar mata. Hindari mandi dengan air panas, ada baiknya memakai bath oil.

2. TERAPKAN KEBIASAAN SEHAT
·    Tidur 6-7 jam sehari.
·    Makan buah-buahan dan sayuran dalam jumlah cukup.
·    Minum air minimal putih 8 gelas sehari.
·    Mengkonsumsi Vitamin E alamiah dan antioksidan setiap hari, kebutuhan ini cukup dengan mengkonsumsi Habbatussauda (vit E), Spirulina (antioksidan) dan Paramaria (keseimbangan hormonal)
·    Jaga pencernaan dalam kondisi baik (teratur buang air besar dan kecil).
·    Hindari makanan-makanan yang dipantang, terutama pada saat datang bulan
Jika ingin kulit senantiasa sehat dan tampak segar, beberapa jenis bahan makanan di bawah ini perlu dibatasi dan dikurangi :
- Durian
- Cokelat
- Kacang
- Telur
- Keju
- Susu tinggi lemak
- Emping melinjo
- Kuaci
- Daging berlemak
- Kerang

3. HINDARI STRES
Stres adalah salah satu musuh kulit. Stres bukan hanya datang dari beban pikiran karena pekerjaan, masalah keluarga, atau asmara, melainkan juga datang dari kondisi fisik/tubuh yang lemah akibat kurang tidur atau kelelahan. Uniknya, tempat jerawat timbul dapat menjadi indikator penyebabnya. Jerawat yang tumbuh di bagian dahi biasanya disebabkan oleh rambut poni yang menutupi daerah itu. Jerawat di pipi karena asmara, dan di sekitar rahang dan leher bisa berarti akibat stres atau rambut yang kotor.
Namun, yang paling berpengaruh pada kondisi kulit adalah diet. Makanan yang berlemak merangsang produksi sebum yang berlebihan. Selain itu, alkohol dan kebiasaan terlambat makan juga dapat menimbulkan masalah, walaupun secara tidak langsung. Kebiasaan buruk tersebut dapat merusak hati dan berarti merusak metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh rusak, maka pori-pori akan membesar. Artinya, kondisi perut sangat berkaitan dengan kesehatan kulit.

4. PENCEGAHAN DAN PERAWATAN YANG TEPAT
Selain disiplin dalam menjaga makanan, perawatan secara teratur dapat sangat membantu. Dengan mengeluarkan sebum, lalu diikuti dengan membubuhkan masker, pori-pori akan bersih dan tertutup. Perawatan dapat dilakukan dengan beberapa cara herbal berikut ini:
Minyak But but mengandung arang alami dan campuran 100 jenis herba mampu mengangkat sel-sel yang telah mati, sedangkan Spirulina mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai anti aging (penuaan dini) dan menghaluskan kulit.

b. Facial dengan Bedak Nur
Pemakaian Bedak Nur sebagai masker sangat disarankan untuk menghilangkan flek-flek hitam. Bedak Nur dicampurkan dengan air/madu/minyak zaitun lalu dioleskan dengan merata ke wajah sebagai masker atau oleskan ke bagian yang memiliki noda hitam.

c. Sabun susu kambing (goat milk soap)
- Sabun minyak zaitun HPA mengkombinasikan susu kambing dan minyak zaitun. Sabun minyak zaitun dianggap sebagai obat terbaik untuk kulit kering karena membantu pengelupasan sel-sel kulit yang mati dan kulit bersisik. Sifat lembapnya membantu melembutkan tekstur kulit. Minyak zaitun membantu dalam mengurangi kerusakan sel kulit dan mengandung vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan. Sementara, susu kambing berisi properti asam yang membantu menetralkan bakteri sementara masih memungkinkan kulit untuk mempertahankan kelembapan.
- Sabun Habbatus Sauda’ HPA memakai susu kambing dan nigella sativa (jintan hitam) sebagai bahan utama, juga menggunakan bahan pelembap alami, vitamin A, D, dan E, serta bahan-bahan herbal lain yang berkhasiat untuk membuat kulit tetap sehat bercahaya. Perawatan dilakukan 2 kali sehari untuk kesehatan kulit dan perlindungan terhadap kuman penyebab penyakit kulit.
Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam pun dapat membantu. Mengkonsumsi Habbatussauda, Spirulina dan Paramaria Plus secara rutin akan mendapatkan hasil yang mencengangkan. Belum lagi khasiat untuk mengatasi masalah kewanitaan, dan meningkatkan kualitas hubungan suami isteri.

SELAMAT MENIKMATI KULIT BARU YANG SEKSI!

2 komentar:

  1. blog walking..
    yang alami begini ane suka trims
    jng lupa kunjungan baliknya thanks
    hepindo

    BalasHapus
  2. Mau share aja nih, saya baca tips dr udoctor.co.id untuk merawat wajah berpori dengan cara
    1. Bersihkan wajah secara teratur dengan air biasa tiga kali sehari, dapat menggunakan sabun/foam/cleansing dan bilas yang bersih.
    2. Gunakan pelembab dan pelindung dari sinar matahari untuk kegiatan sehari-hari.
    3. Gunakan kosmetik dekoratif tidak berlebihan dan pilihlah sesuai dengan jenis kulit.
    4. Lakukan facial untuk membantu mengangkat komedo yang menyumbat pori.

    BalasHapus